Pemanfaatan Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi Berorientasi Mengaktualisasikan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab
TUGAS
Makalah
Pemanfaatan Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi Berorientasi Mengaktualisasikan
Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab
Tugas ini untuk memenuhi mata
kuliah Komputer Lanjut
Dosen Pengampu: Wijianto, Spd
Disusun Oleh :
Bayu Pratama
K6409015
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada
era yang serba maju seperti sekarang banyak sekali kita rasakan adanya kemajuan
di segala aspek. Salah satunya adalah perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK). Dari perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi
itu kita dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi di berbagai belahan
dunia.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi ini sangat membantu untuk mempermudah
pekerjaan di segala bidang termasuk di bidang pendidikan. Di Indonesia sendiri
teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang apalagi untuk bidang
pendidikan contohnya seperti pembelajaran berbasis internet. Banyak penerus
bangsa kita yang memanfaatkan kemudahan yang diperoleh dari internet. Hal yang
seperti ini dapat mempermudah kita dalam memperoleh informasi untuk masa depan,
masa kini, bahkan di masa lampau.
Kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat adalah
prinsip universal dalam negara demokratis. Negara atau pemerintah menciptakan
kondisi yang baik dalam memgeluarang dijamin oleh Kovenan Internasional tentang
Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya.
Kebebasan untuk berekspresi dan mengeluarkan pendapat
adalah prinsip universal di dalam negera demokratis. Dalam perkembangannya,
prinsip ini mengilhami perkembangan demokrasi di negara-negara yang berkembang.
Bahwa pentingnya menciptakan kondisi baik secara langsung maupun melalui
kebijakan politik pemerintah/negara yang menjamin hak publik atas kebebasan
berekspresi dan mengeluarkan pendapat
Kemerdekaan berpendapat juga akan menciptakan
masyarakat yang demokratis. Budaya demokrasi akan tumbuh bila suasana hati
rakyat bebas mengemukakan pendapatnya. Namun kebebasan tersebut haruslah sebuah
kebebasan yang bertanggung jawab. Ukurannya adalah kemajuan masyarakat dan
terjaganya rasa persatuan, serta moralitas sosial yang dibangun oleh masyarakat
tersebut. Dengan demikian, kemerdekaan berpendapat merupakan hal yang penting
untuk dipahami apabila negara yang dibentuk bertumpu pada kepentingan rakyat.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dapat diambil dari latar belakang
di atas adalah ; Bagaimana cara yang efektif dan efisien dalam memanfaatkan TIK
dalam proses pembelajaran PKN yang berorientasi pada kompetensi dasar mengaktualisasikan
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab?
BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran PKN
misalnya menggunakan media TIK seperti LCD didalam menyampaikan materi
pelajaran kepada siswa. Karena tidak dapat dipungkiri lagi di era globalisasi
seperti ini setiap siswa dituntut untuk bisa menggunakan perangkat teknologi
yang ada agar tidak menjadi manusia yang gaptek atau gagap teknologi. Siswa diharapkan
dapat menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari,
mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan
efektif.
Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan
dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan
kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan
mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat
memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya
saat ini dan dimasa yang akan datang.
TIK diharapkan bisa mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia
untuk siap memasuki era masyarakat berbasis pengetahuan. Pengintegrasian TIK ke
dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan ICT bagi siswa,
membangun masyarakat berbasis pengetahuan pada diri siswa, disamping dapat
meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran itu sendiri. Secara
teoritis TIK memainkan peran yang sangat luar biasa untuk mendukung terjadinya
proses belajar yang memungkinkan siswa
dapat terllibat aktif oleh adanya proses belajar yang menarik dan bermakna.
Dengan kata lain, TIK memungkinkan pembelajaran dapat disampaikan untuk
berbagai modalitas belajar, baik audio, visual, maupun kinestetik. TIK
memungkinkan pembelajaran disampaikan secara interaktif dan simulative sehingga
memungkinkan siswa belajar secara aktif.
Pendapat secara umum diartikan sebagai buah gagasan atau buah
pikiran. Mengemukakan pendapat berarti mengemukakan gagasan atau mengeluarkan
pikiran. Dalam kehidupan negara Indonesia, seseorang yang mengemukakan
pendapatnya atau pikirannya dijamin secara konstitusional. Hal itu dinyatakan
dalam UUD 1945, Pasal 28, bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul,
mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan
Undang-Undang.
Lebih lanjut pengertian kemerdekaan mengemukakan pendapat
dinyatakan dalam pasal 1 (1) UU No.9 Tahun 1998, bahwa kemerdekaan menyampaikan
pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan
lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Undang-undang yang
mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat antara lain diatur dengan Undang-undang
No.9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di Muka Umum.
Pengertian di muka umum adalah di hadapan orang banyak atau oarang lain,
termasuk tempat yang dapat didatangi dan/ atau dilihat setiap orang.
Dengan adanya makalah tentang mengaktualisasikan
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab diharapkan
para siswa dapat berani dan kritis dalam mengemukakan pendapat di depan umum.
Sehingga mereka berani berkompetisi di masyarakat kelak. Dengan di hubungkannya
dengan PKN maka dalam berpendapat, siswa diharapkan dapat mempraktekan
kebebasan pendapat bukannya “keblabasan dalam berpendapat. Hal ini sangatlah
riskan untuk diajarkan kepada siswa yang belum dewasa, karena dapat membuat
mereka berpendapat secara asal-asalan saja di lingkungan masyarakat nantinya.
Model pembelajaran di atas dapat juga dikatakan sebagai Contextual
Teaching and Learning (CTL). Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) merupakan salah pendekatan pembelajaran yang diyakini dapat
meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pendekatan ini berasumsi bahwa
dalam kegiatan pembelajaran guru harus mengkaitkan antara materi yang
diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan
antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka
sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran
diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah
dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan
dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil.
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang
pendidikan antara lain:
1.
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai
sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya
satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang
memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi
terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi
yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat
abstrak.
3.
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus
mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet
dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak NEGATIF dalam proses
pendidikan antara lain:
1.
Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes
inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses
melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi
yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu
dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2.
Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk
melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga
mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang
rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos
sistem perbangkan dan lain-lain.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media pembelajaran TIK sangat perlu digunakan dalam
proses pembelajaran PKN. Hal ini bertujuan agar tujuan dari pembelajaran PKN,
yakni menanamkan rasa kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab. melalui
penggunaan media TIK dalam pembelajaran PKn tersebut tentunya hal itu dapat
membangun kreatifitas siswa dalam belajar, disamping itu siswa dapat menemukan
hal-hal baru dalam pembelajaran yang berbasis pada TIK, misalnya dalam
penggunaan internet bagi siswa. Jadi disini terjadi perubahan dari guru yang
mulanya sebagai mediator dalam proses pembelajaran, sekarang , melalui adanya
media TIK tersebut guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.
B. Saran
Agar tujuan pembelajaran PKN dapat tercapai maka saran
penulis yaitu sebagai berikut :
1. Dibutuhkan suatu keterampilan yang memadai
untuk menerapkan hal tersebut. Oleh karena itu guru PKN dituntut untuk dapat
meningkatkan kompetensinya sebagai pengajar sekaligus pendidik bagi siswanya.
2. Dibutuhkan suatu kombinasi yang tepat
antara penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai agar dapat
membangun motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PKN.
3. Dibutuhkan fasilitas yang memadai dalam
peningkatan mutu pembelajaran dengan TIK, dengan menyediakan peralatan untuk
siswa. Bukannya menuntut siswa untuk membeli.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar