Hasil Observasi SMP AL Hadi Sukoharjo tentang Silabus

1.   Apakah guru PKn menyusun silabus sendiri atau mengambil saja dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan?
2.      Apakah guru PKn pernah menganalisis SKL, SK terhadap SKL dan KD terhadap SK?
3.    Bagaimana penempatan rumusan nilai dalam silabus? (seperti pendidikan karakter, pendidikan anti korupsi, dll)
Jawaban bedasarkan observasi :
1.      Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di SMP ISLAM AL HADI Sukoharjo, guru PKN di SMP tersebut silabus diambil dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan persetujuan seluruh Tim MGMP Kabupaten Sukoharjo yang sudah dijadikan tolok ukur untuk merancang silabus.  Dalam hal ini sekolah yang bersangkutan tidak diberi kewenangan untuk mebuat silabus sendiri.
2.     Guru PKn di SMP AL HADI tidak menganalisis SKL, hal ini dikarenakan SKL sudah dibuat oleh guru-guru mata pelajaran itu sendiri. Untuk KD terhadap SK guru PKn melakukan analisis berdasarkan silabus dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan mengembangkannya menjadi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.    Penempatan rumusan nilai pada silabus dimasukan dalam materi yang disampaikan kepada siswa. Contohnya pendidikan anti korupsi di ajarkan dalam BAB tersendiri ( kelas VIII semester gasal BAB V ). Sedangkan untuk pendidikan karakter tidak dimasukan dalam silabus, akan tetapi dalam proses pembelajaran tetap ditanamkan kepada siswa.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 PENILAIAN PEMB.PKN 2

Apakah Indonesia sudah termasuk negara demokratis

RESUME BUKU POLITIK PERTAHANAN