Hasil Observasi SMP AL Hadi Sukoharjo tentang Silabus
1. Apakah guru PKn
menyusun silabus sendiri atau mengambil saja dari Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan?
2.
Apakah guru PKn
pernah menganalisis SKL, SK terhadap SKL dan KD terhadap SK?
3. Bagaimana
penempatan rumusan nilai dalam silabus? (seperti pendidikan karakter,
pendidikan anti korupsi, dll)
Jawaban
bedasarkan observasi :
1. Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di SMP
ISLAM AL HADI Sukoharjo, guru PKN di SMP tersebut silabus diambil dari Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan persetujuan seluruh Tim MGMP Kabupaten
Sukoharjo yang sudah dijadikan tolok ukur untuk merancang silabus. Dalam hal ini sekolah yang bersangkutan tidak
diberi kewenangan untuk mebuat silabus sendiri.
2. Guru PKn di SMP AL HADI tidak menganalisis SKL, hal
ini dikarenakan SKL sudah dibuat oleh guru-guru mata pelajaran itu sendiri.
Untuk KD terhadap SK guru PKn melakukan analisis berdasarkan silabus dari Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan dan mengembangkannya menjadi Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
3. Penempatan rumusan nilai pada silabus dimasukan dalam
materi yang disampaikan kepada siswa. Contohnya pendidikan anti korupsi di
ajarkan dalam BAB tersendiri ( kelas VIII semester gasal BAB V ). Sedangkan
untuk pendidikan karakter tidak dimasukan dalam silabus, akan tetapi dalam
proses pembelajaran tetap ditanamkan kepada siswa.
Komentar
Posting Komentar